About enolaism

menatapmu dari jauh

Waiting for Nothing

wfn

Your last call was end in 15 minutes ago
But your voice still around my mind
Your last word make me feel so bad
And my words are falling down

This is 11.30 and i can’t sleep
I can’t stop think of you now
You just like my nightmares comes to my dream
again… and again…

I’m waiting for nothing…
our story end and now we can’t back till the end of time
when the sun goes down no we seems so far away ?

the dream to westland, twitter, inbox and lost hope over two years ago…,redundant.

Ketika firasat bekerja sama dengan rasa

resize

Ada sebuah cerita antara seorang ibu dan anaknya yang terpisah jarak, mereka berada di dua kota yang berbeda, namun masih selalu saling berkabar dalam aksara.

Sang ibu tiba-tiba saja mengirim pesan singkat, “Assalamu Alaikum, De…Ade kerja jam berapa hari ini? “

Pesan diterima sang anak lalu dengan segera dibalas, “Wa Alaikum Salam, Lagi dikantor bu, masuk pagi, kenapa? Gimana ibu udah sehat? Udah dinas lagi?

Menunggu sejenak lebih lama dari sebelumnya, lalu pesan baru masuk ke henpon warna hitam punya si anak, lalu nampak di layar sebuah pesan balasan dari sang ibu, “Belakangan ibu ga enak perasaan, tadi malam juga ibu mimpiin ade,…ade nggak kenapa-napa kan?

Pesan balasan kedua dari sang ibu lalu diterima, “Alhamdulillah Ibu udah sehat, udh dinas lagi kaya biasa”

Sang anak sedikit terlihat berfikir kemudian mulai mengetik balasan pesan untuk sang ibu.

Lalu sang anak menulis, “Ade alhamdulillah sehat, Cuma lagi ada yg dipikirin aja, yauda ibu jaga kesehatan biar ga sakit lagi, ade khawatir sama ibu”

Balasan dari sang ibu diterima, “Mikirin apa ade? Pacar? Lagi naksir cewe? Apa baru diputusin? , coba cerita sama ibu?

Semakin menarik nafas panjang sang anak dengan segera membalas pesan, “Iya biasa bu, Ade lagi sedih gitulah, biasa anak muda, apalagi coba, lagian ibu tuh selalu aja tau…..zzzz , tekan send lalu kembali menyusun tumpukan CD yang yang dari tadi berantakan.

Tung, suara pesan masuk, tanda balasan dari sang ibu, “Makanya jangan lupa shalatnya, jangan bolong-bolong, … yauda ibu doain semoga dapet yang ade mau,yah….udah makan belum?

Lalu dibalas oleh sang anak, “Iya bu, doain ade yah,….ini baru mau makan, abis beres-beres dulu tadi…..”

“Ya udah, makan dulu,….jangan lupa Asharnya yah…udah mau Maghrib nih. oya, tuh si kutil ponakan ade minta dibeliin Frozen katanya….” Balas sang ibu.

Setelah pesan diterima dan dibaca dengan seksama, lalu dibalas, “Iya ini mau makan kok, iya bilangin nanti kalo pulang ade beliin……”

______ end chat _______

“We are born of love; Love is our mother.

Rumi

Introspeksi Lima Menit

Sebenarnya diantara manusia itu terlalu banyak makhluk pagi, terlalu banyak penyuka pagi, padahal kita membutuhkan penyuka sore, seperti halnya saya,…karena hidup tak melulu mengenai semangat, karena terlalu banyak yang bersemangat di pagi hari, dan kurang introspeksi di sore penghujung hari, sore atau senja, waktu lainnya yang saya suka selain dini hari.

Dan terbukti bahwa seperti sekarang saya terus menguap dari tadi pagi dan di akhir minggu ini saya harus masuk pagi di kantor, dan ngantuk karena semalam saya berkumpul bersama teman-teman lama semasa kuliah hingga larut, porsi tidur yang sedikit dibanding biasanya mengakibatkan saya menguap terus di kantor, untung saja kerjaan hari ini tidak terlalu banyak, sehingga saya bisa sedikit beristirahat, dan menikmati musik sambil menulis seperti sekarang ini, sambil menunggu waktu sore hari karena saya akan bermain bola bersama anak-anak, ini membuktikan bahwa saya menemukan kebahagiaan di sore hari, dan hanya mendapatkan rasa ngantuk di pagi hari.

Lalu saya buka situs upload musik dan audio yang setiap hari saya buka, karena saya ingin mendengarkan sebuah lagu yang beberapa hari ini setiap hari saya dengarkan, sebuah lagu yang cukup mendalam secara lirik, gaya pemilihan bahasanya sangat saya sukai, karena sederhana tetapi bermakna dalam, dan terkadang saya sedikit melamun terenyuh memaknai lirik dan musik dari lagu ini…

Akan Tiba Saatnya

Akan tiba waktunya, engkau tak lagi kusukai

Tetapi itu tak mungkin, yang aku yakin…Itu tak mungkin

Akan tiba saatnya, engkau tak lagi kurindui

Tetapi itu tak mungkin, yang aku yakin…Itu tak mungkin

Terfikir ini saat aku kecewa olehmu

Terfikir ini saat aku kecewa olehmu

Akan tiba saatnya, engkau tak lagi ingini

Tetapi itu tak mungkin, yang aku yakin…Itu tak mungkin

Akan tiba saatnya, engkau tak lagi kumaui

Tetapi itu tak mungkin, yang aku yakin…Itu tak mungkin

Terfikir ini saat aku kecewa olehmu

Terfikir ini saat aku kecewa olehmu

Tetapi saya selalu yakin kalo sebuah lagu itu bakalan ada pasangannya, sebuah penyeimbangnya, dan tanpa sengaja akhirnya saya menemukan penawar dari lagu “Akan Tiba Saatnya” , yang lagi-lagi liriknya sangat saya sukai, dan saya nobatkan kalo lagu dibawah ini adalah penawar dari lagu diatas…

Semacam kasih sayang

Semacam kasih sayang,
Yang kuberikan padamu
Meski tidak sehebat
Matahari pada dunia

Ini pun kasih sayang
Yang kuberikan padamu
Meski tidak semewah
Sbagaimana orang lain

Oh hanyalah kepadamu
Oh hanyalah untukmu

Inilah kasih sayang
Yang kuberikan padamu
Dengan tanpa peduli
Bagaimana engkau membalas

Oh hanyalah kepadamu
Oh hanyalah untukmu

Bandung, 1997

Sungguh barisan lirik yang memiliki kedalaman tertentu. cenderung sufistik dan saking luar biasanya, sudah belasan kali saya memutar kedua lagu ini, yang menurut saya layak untuk dijadikan bahan perenungan saya di hari minggu ini.

Semoga saya tidak mengeluh, selalu belajar ikhlas, tidak berburuk sangka dan senantiasa tulus dalam berlaku :)

Ada di Side B Lagu ke Empat…

Kembali mendengarkan, album Camelia III dari Ebiet G. Ade, kemudian tiba-tiba sedikit terpaku mendengarkan sebuah lagu yang sedikit bernuansa Country Ballad, dengan judul yang literal dan jujur, lagu yang cukup membuat lunglai di terik hari ini.

photo

DENGARKAN LAGU : EBIET G. ADE – ADA YANG TAK MAMPU KULUPA

Ada yang tak mampu kulupa

Ada yang tak mampu kulupa

bulu lembut di keningmu

yang,

meremang kala kukecup

dan ketika kusibak rambutmu

 

Ada yang tak hendak kubuang

serangkaian kenang-kenangan

yang tergambar di gelap malam

dan tersimpan di pucuk daunan

 

Langit di atas simpang jalan

menemaniku bernyanyi

bagai gejolak pohonan runtuh

bersama gitar bersama sepi

bersama luka dan cinta

aku masih sempat bernyanyi lagi

 

Ada yang mesti kupikir lagi

melepas dendam dan sakit hati

dan berjuang membendung benci

Tuhan, jagalah tanganku ini

 

Yogya, 1978

Sementara itu…

Cuma mau ngingetin aja untuk para wanita yang sedang sedih…

Kemarin, saya baca sebuah tulisan di blog seorang kolega wanita saya. Sebuah tulisan yang tidak begitu panjang namun cukup menggelitik untuk tidak dibaca. Ternyata, tulisan yang menggelitik itu adalah tulisan kegalauan, si doski ditinggalkan kekasihnya dengan alasan tidak bisa selalu ada disisinya, sibuk, inilah, itulah dan blablabla lalala yeyeye. Dan perempuan lain masuk menyalip, lalu sang mantan cowoknya move on duluan, dan disini si cewe duduk sendiri menahan perih, yah klise sih tapi namanya juga hidup ya begitu, karena di Jakarta yang keras itu menurut saya Cuma ada dua hal saja, kalo ga memakan ya dimakan,……..simple dan tegas.

Padahal sebenarnya awalnya saya merasa yakin, wah mereka pasti serius dan bisa menjadi pasangan yang pas dan cociks, mereka tampak asik asik aja kalo lagi bersama. Dan saya tidak pernah mendengar mereka ribut-ribut, saya juga yakin mereka cocok, tetapi ternyata semua hal itu tidak seperti yang kelihatannya, ternyata saya salah, seperti halnya mereka juga salah sama hubungan mereka.

Terkadang saya suka tersenyum apabila melihat hal ini terjadi kepada orang-orang disekeliling saya, tetapi bukannya saya tak berperasaan dan tidak empati kepada mereka, saya sangat tau rasanya galau dan sakit hati. Saya juga pernah mengalaminya……bhahahaha currrrcolll yottt tetapi menurut saya, saya sangat yakin cerita galau si teman wanita saya ini akan berakhir, dan dianggap tak pernah tertulis begitu doski sembuh dari galau dan sakit hati, lalu punya pacar lagi yang lebih baik dari si mantan, dan saya yakin dengan sangat kalau dia bakal mengingat perbuatannya itu dengan senyuman, dan sedikit ketawa kecil,…..eh, ada sedikit rasa malu juga sepertinya.

Untuk beberapa orang ketika galau dan sakit hati menjadi orang yang lepas kendali dan mencari pelampiasan dengan melakukan hal-hal duiluar kebiasaan, disamping itu juga biasanya para wanita patah hati ini akan mencari kecengan-kecengan baru yang secara tidak disadari punya kemiripan dengan si mantan, hahahaha…..iya kan, pada ngaku deh, iya kan?

Jadi sebenarnya kita ini hidup diantara temporary sadness dan temporary happiness, jadi sebenarnya tak ada kebahagiaan ataupun kesedihan yang permanen, itu karena lagi-lagi karena hidup itu adalah harmoni yang silih berganti. Dinamis selalu bergerak tak berpola, kita hanya bisa selalu yakin dan menjalaninya dengan sebaik-baiknya.

Entahlah, terkadang bicara itu emang lebih gampang daripada melakukannya…

Happiness is when what you think, what you say, and what you do are in harmony.

Mahatma Gandhi

Hirup Hurip Ibarat Tasbeh

Hirup kawas tasbeh
Dikawitan jeung dipungkas tina lebah nu sarua.
Lain  ge ngarana tasbeh ari ngan sasiki mah.

Kitu deui lain ge ngarana hirup ari ngan sarasa mah
Kahirupan bakal sampurna lamun mun geus ngaliwatan
suruntuyuan sisikian: suka, duka, seuri, ceurik, gagal, hasil atawa pasang jeung surut.

Kawas tasbeh Anu bunder, hirup ge nya kitu.
Kamana bae urang nyorang jeung ngajugjug, angger bae dina bunderan takdirNa,
ti AnjeunNa urang hirup,ka AnjeunNa urang mulang.

Mixtape Patah Hati : Bikin Sedih tidak lagi Pedih

Front

Ada sebuah hal di dunia ini yang selalu menjadi persoalan pelik untuk manusia, namun sangat unik, hal tersebut sangat berlawanan dan saling bertolak belakang tetapi memiliki nilai makna yang sama, hal itu adalah Jatuh hati dan kebalikannya yaitu Patah hati, secara harfiah keduanya memiliki makna yang menyakitkan tetapi uniknya keduanya adalah dua hal yang paling berlawanan.

quotes205

Lebih spesifik lagi, adalah tentang Patah Hati, hal yang sedang saya alami sekarang, agak terdengar aneh juga sih ada orang patah hati tapi ngaku, bhehehe….. bodo amat deh, iya, saya sedang patah hati, dan kata seorang teman bilang kalo orang patah hati itu harus kreatif, walaupun dia sendiri tak tahu makna kata-katanya sendiri. Akhirnya saya meresapi sendiri makna kata-kata itu dan hal apa yang tersirat didalamnya.

Setelah beberapa saat akhirnya saya memahami apa arti perkataan dari teman saya itu, beserta bukti-buktinya, kenapa bahwasannya kalo orang patah hati itu harus kreatif karena, biasanya orang yang sedang patah hati itu pasti sedih, banyak yang dipikirkan, banyak yang berputar-putar dikepala, ketidakpuasan terhadap banyak hal sehingga biasanya membuat kepala kita ngebul karena banyak yang dipikirkan, dan endapan hal-hal yang kita pikirkan itu menjadi sebuah pemicu untuk keluarnya pemikiran-pemikiran atau ide-ide yang sebelumnya tertutup oleh kebahagiaan ketika kita bersama seseorang, maka akhirnya saya menyadari kalo orang patah hati yang galau itu terkadang lebih kreatif karena pikirannya lebih sensitif dan peka, contohnya kita tahu sendiri kalo lagu-lagunya Glen Fredly yang dahsyat itu tercipta ketika doi galau sama seseorang, bah…….apapula ini kek infotainment gini….

Sedikit tentang hubungan Patah Hati dan rasa kecintaan kepada mahluk adalah, mengenai bagaimana hidup bisa terdiri dari berbagai suka dan duka, yang saling melengkapi. Dan bersyukur pada semua yang terjadi dalam hidup, karena pada hakikatnya CINTA SEJATI ITU ADALAH MENYEMBUHKAN BUKAN MENYAKITKAN…

Dan sejatinya adalah ketika kita patah hati, adalah disebabkan karena kita terlalu mencintai individu, padahal sebenarnya ketika kita terlalu mencintai individu, sebenarnya kita melupakan sebuah hal yang lebih besar dari itu, yaitu Jatuh Cinta kepada hidup kita sendiri. Kemudian untuk “jatuh cinta” pada hidup, terasa mudah ketika banyak hal yang kita harapkan, tercapai; ketika masalah tidak terlalu mengganggu keseharian; ketika semua pertanyaan dapat langsung menemukan jawabannya. Tapi ketika masalah tidak henti menerpa, ketika harapan dan kenyataan terasa sangat timpang, ketika mimpi hanyalah mimpi yang tak akan tergapai, dan pahit terasa hingga ke dalam hati, yoooottttttt………..

Akhirnya dari rasa patah hati yang kali ini, saya mencoba untuk sedikit kreatif dan produktif sajalah, yaitu dengan membuat mixtape Patah Hati, semoga ini bisa bermanfaat bagi banyak orang, yah kalopun nanti pada akhirnya emang ga ada manfaatnya, mungkin setidaknya bisa jadi referensi lagu-lagu sedih tentang patah hati dari berbagai genre, dan dari musisi dalam dan luar negeri.

Yah, sebenarnya daftar lagu cheesy mematikan ini sudah ada sejak bulan lalu, saya menyebutnya dengan Mixtape Patah Hati tetapi ternyata sangatlah susah untuk mencari beberapa lagu dengan tema mematikan seperti ini ke dalam sebuah daftar yang jumlahnya cukup banyak, maka kita harus sedang benar – benar patah hati ketika menyusunnya, tsahhh….,

Dari ribuan lagu yang masuk daftar kurasi akhirnya dapat dipadatkan menjadi daftar 20 lagu saja, kenapa ada 20 lagu, karena ini aja sudah susah payah mengumpulkannya, dan karena angka 13 adalah angka yang secara hoki kurang bagus, bahkan buruk untuk keberuntungan. Dan kalo dibikin daftar 100 lagu, maka saat initulisan ini ga bakalan beres, dasar pemilihan lagu nya sebenarnya ga ada kriteria yang memusingkan, syaratnya satu saja, yaitu liriknya harus tentang patah hati karena cinta itu sajalah, gausah dibikin ribet,….hahahaha, selamat menikmati, semoga berkenan dan semoga enak-enak lagunya.

Daftar lagunya ga bakalan ditulis, biar surprise, dan kalo penasaran apa aja lagu patah hati yang bagus menurut saya, download aja lagunya dengan mengklik link di bawah ini…..hahahahahaha

LINK DOWNLOAD MIXTAPE PATAH HATI 

“ALHUBU FILLAH WALBUGDU FILLAH” (saya cinta karena allah dan bencipun itu karena allah)